Headlines News :
Home » » Profil SMK Darul Qur'an Wonosari

Profil SMK Darul Qur'an Wonosari

Written By PPDB DARUL QUR'AN on Sabtu, 22 Februari 2014 | 14.30

SMK Darul Qur’an Wonosari terletak di Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Irsyad Jalan Nusantara Nomor 17 Pedukuhan Ledoksari Desa Kepek Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Letaknya kurang lebih 2 kilometer ke arah barat dari pusat kota Wonosari. 

Secara geografis komplek pesantren ini berbatasan dengan SMA Muhammadiyah Wonosari di sebelah barat, Jalan Nusantara di sebelah timur, serta perumahan penduduk di sebelah utara dan di sebelah selatan Dusun Ledoksari relatif dekat dengan Kota Wonosari, akan tetapi dusun tersebut masih memiliki lahan pertanian berupa ladang (tegalan) yang cukup luas. Kondisi masyarakatnya mayoritas telah mengenyam pendidikan dan bermata pencaharian sebagai pegawai baik pegawai negeri maupun pegawai swasta. Adapun agama yang dianut oleh sebagian besar penduduk ialah agama Islam.

Dengan melihat fakta ini, maka imbas yang didapat oleh Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Irsyad ialah adanya ketenangan yang turut membantu terciptanya stabilitas suasana pembelajaran sebuah lembaga pendidikan. Disamping itu, komplek pondok  pesantren ini juga dikelilingi oleh berbagai instansi pendidikan baik negeri maupun swasta, yakni SMA Muhammadiyah Wonosari, SMKN 2 Wonosari, SMK 45 Wonosari, Universitas Gunungkidul, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) cabang Gunungkidul yang bertempat di SMKN 2 Wonosari, dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Tunas Mulia. Keberadaan berbagai sekolah secara psikologis memberikan  kontribusi positif bagi lembaga pendidikan ini.

Sekolah Menengah Kejuruan Darul Qur’an Wonosari berdiri tahun 2004, sekolah ini berlokasi di komplek pondok pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad dusun Ledoksari, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Adalah sebuah sekolah menengah kejuruan yang berdiri di lingkungan pesantren, dalam upaya pengembangan akademikdi PP Darul Qur’an Wal Irsyad.

Sebagaimana dikemukakan di atas bahwa SMK Darul Qur’an merupakan bagian pengembangan akademik di bawah pondok  pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad.Rintisan sekolah menengah kejuruan di pondok pesantren ini merupakan bagian dari program perluasan akses pelayanan sekolah menengah kejuruan di Indonesia yang dicanangkan oleh direktorat pembinaan sekolah menengah kejuruan di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional.Untuk pertama kalinya sekolah tersebut berstatus kelas jauh yang diampu oleh SMK yang telah mapan .SMK Darul Qur’an yang bestatus kelas jauh SMKN 2 Wonosari berdiri berdasarkan SK Kepala Dinas Pendididkan kabupaten Gunungkidul no 421/1928 pada tanggal 30 september 2004.

Proses berdirinya SMK tersebut berawal dari penawaran kasubdin sekolah mengah pendidikan kabupaten Gunungkidul Bp.Drs Kusmanto pada Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Irsyad yang mana di tanggapai secara baik oleh pengasuh Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Irsyad.Kemudian dengan kesepakatan bersama antara KH.Drs Akhmad Kharis Masduki selaku pengasuh Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Irsyad dengan Drs.H.Mustangid selaku sesepuh pondok sekaligus kepala SMK Negeri 2 wonosari,maka terjalinlah kesepakatan kerjasama antara kedua belah pihak terkait yaitu  Pondok Pesantren Darul Qur’an wal Irsyad selaku pengelola dan SMKN 2 Wonosari selaku sekolah pengampu.

SMK Darul Qur’an yang berstatus kelas jauh SMKN 2 Wonosari mengambil bidang keahlian Teknik informatika dengan program keahlian Multimedia. Dipimpin oleh Drs. Sangkin seorang kepala sekolah SMKN 2 Wonosari dengan pengelolaan managemen dan rumah tangga diserahkan pada kepala pengelola dibantu urusan tata usaha dan para guru. Berdirinya SMK Darul Qur’an di lingkungan pesantren ini ditujukan dalam rangka mewadahi santri dalam menempuh jalur pendidikan formal  pada jenjang SMK sebagai upaya lebih memfokuskan santri dalam menekuni proses pendidikan yang dilalui di pesantren.sehingga para santri tidak perlu sekolah ke luar pesantren.Selanjutnya rintisan sekolah ini kedepan diharapkan berkembang dengan managemen yang berkarakter dan berciri khas pesantren. 

Hal tersebutlah yang mendorong pihak pengelola untuk mengembangkan kurikulum di SMK Darul Qur’an sehingga terjadilah disversi kurikulum antara kurikulum SMK yang ditetapkan Departemen Pendidikan Nasional dengan kurikulum pondok pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad yang salah satunya adalah dengan menerapkan muatan lokal kepesantrenan sebagai upaya untuk membekali peserta didik terhadap pendidikan karakter dan lebih difokuskan pada pendidikan akhlak yang sesuai dengan nilai dan jiwa santri. Selain itu, alasan lain diterapkannya muatan lokal kepesantrenan di SMK Darul Qur’an adalah dalam upaya mendukung mengaktualisasikan visi dan misi pesantren yang mana merupakan media tafaquh fiddin.

VISI

Mewujudkan sekolah yang berbudaya Islami, unggul dalam prestasi, ramah dalam pelayanan


MISI

  1. Mengimplementasikan nilai-nilai luhur dalam pendidikan formal
  2. Mengembangkan pendidikan dengan 3 aspek kecerdasan : IQ (Intelegence Quotient), EQ (Emotional Quotient), dan SQ (Spiritual Quotient)
  3. Mencetak lulusan yang berkualitas, berakhlak mulia, bertaqwa, cerdas, terampil, mandiri, dan kompetitif
  4. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat berkembang secara optimal
  5. Mengutamakan manajemen proses dalam pembelajaran
  6. Menerapkan manajemen berbasis sekolah yang mandiri, partisipatif, transparan, dan akuntabe dalam tata kelola sekolah
  7. Profesional dalam penyelenggaraan pendidikan
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Berita Populer

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. PPDB Darul Qur'an - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template