Headlines News :
Home » » Profil MTs Darul Qur'an

Profil MTs Darul Qur'an

Written By PPDB DARUL QUR'AN on Sabtu, 22 Februari 2014 | 14.23

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Qur’an Wonosari adalah suatu lembaga pendidikan formal tingkat dasar yang berada dibawah naungan yayasan Darul Qur’an Wal Irsyad Wonosari. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Qur’an Wonosari berdiri pada tahun 2009 berdasarkan SK Kepala Kantor Departemen Agama Kab. Gunungkidul Nomor 28 Tahun 2009.

MTs Darul Qur’an Wonosari  merupakan salah satu model pendidikan sekolah yang bercirikan Islam yang berada dilingkungan Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pendidikan Madrasah ini didasarkan pada tuntutan pendidikan di lingkungan pesantren, agar selalu terlibat aktif dalam peningkatan mutu pendidikan masyarakat. Idealisme pemerintah untuk mencerdaskan masyarakat yang ber-akhlaqul karimah seiring sejalan dengan MTs Darul Qur’an yang berada di lingkungan pesantren yang menitik beratkan pada pendidikan Agama.

MTs Darul Qur’an Wonosari dibuka dengan menerapkan empat bahasa (Indonesia, Inggris, Arab, dan Daerah) sebagai bahasa keseharian dan pengantar pembelajaran serta pengenalan teknologi informasi dalam rangka mencetak siswa-siswi yang unggul dalam ilmu pengetahuan agama, umum dan teknologi serta berakhlak santri sejati.

Kurikulum MTs Darul Qur’an dikemas dengan memadukan antara kurikulum Nasional Madrasah Tsanawiyah ditamhah dengan muatan lokal yang sesuai dengan visi dan misinya. Untuk itu dibutuhkan sebuah laboratorium bahasa sebagai sarana pendukung penerapan program bahasa pada MTs Darul Qur’an Wonosari.Pada angakatan ketiga tahun pelajaran 2011/2012 ini, MTs Darul Qur’an mendapatkan siswa sebanyak 2 kelas, dimana kelas-kelas tersebut diklasifikasikan berdasarkan mata pelajaran muatan lokal pilihan sebagai mata pelajaran muatan lokal unggulan madrasah, yaitu kelas Tahfidz dan kelas Kitab Kuning (Turats). Jadi rombongan belajar yang ada saat ini berjumlah 5 rombel, yaitu kelas VII A, VII B, VIII A, VIII B dan IX. Oleh karena itu demi tercapainya tujuan program-program tersebut dan mutu pendidikan harus selalu ditingkatkan.

MOTTO

Berakhlak mulia, hafal Al Qur'an, berpengetahuan luas, berbadan sehat

VISI

Terwujudnya lembaga pendidikan agama tingkat dasar yang komprehensif dengan memadukan mutiara pesantren dan pendidikan formal

MISI

  1. Mendidik siswa berakhlak mulia dan hafidz Al Qur'an
  2. Mendidik siswa terampil berbahasa Arab dan Inggris serta mampu membaca kitab kunting
  3. Membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa
  4. Menguasai ilmu pengetahuan, memiliki daya saing, serta mampu mengembangkan diri

TUJUAN

Mengatarkan siswa menjadi pribadi yang peka terhadap lingkungan sosial dan perkembangan zaman dengan berpedoman kepada Al Qur'an dan budaya pesantren

 

PROFIL LULUSAN

1. Kelas Tahfidz Al-Qur'an
    Menguasai hafalan Al-Qur'an 20 juz
    Berbahasa Arab dan Inggris baik aktif maupun pasif

2. Kelas Kajian Kitab Kuning (Turats)
    Mampu membaca kitab kuning tingkat elementer (dasar)
    Menguasai Bahasa Arab dan Inggris baik aktif maupun pasif
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Berita Populer

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. PPDB Darul Qur'an - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template